Iskud’s Blog

JANGAN TINGGALKAN SHOLAT

Posted on: 23 May 2009

Sholat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan, yaitu sholat wajib lima kali sehari di waktu yang telah ditentukan. Sholat merupakan ibadah rutin yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Dengan sholat ,kita akan selalu ingat kepada Allah swt. Sesuai dengan firman-Nya: ”Dirikanlah shalat sebagai sarana mengingat-Ku.” (QS. Thaha: 14).

Sholat juga merupakan tiang agama, sebagai pondasi sekaligus identitas umat Islam yang beriman. Rasulullah saw, saat ditanya oleh malaikat Jibril, ”Apa itu Islam?” Beliau menjawab, ”Islam adalah engkau bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa, dan berhaji ke Baitullah.” (HR Bukhari-Muslim).

Sholat dapat berarti doa. Ritual ibadah sholat dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam sesuai dengan ketentuan dan tuntunan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah saw. ”Sholatlah kalian seperti halnya kalian melihatku mempraktikkan shalat.” (HR Bukhari-Muslim).

Saat ini masih banyak orang yang mengaku beragama Islam namun mereka masih sering melalaikan dan meninggalkan sholat. Padahal, orang yang meninggalkan sholat dapat menjerumuskan dirinya kepada kemunkaran, diantaranya yaitu berdasarkan sabda Rasulullah saw:

”Seseorang yang meninggalkan sholatnya, ia akan menempati posisi antara syirik atau kufur.” (HR Muslim)

”Perbedaan antara kita dengan mereka (orang-orang kafir) adalah sholat. Barangsiapa yang meninggalkan shalat maka ia telah kafir.”(HR. At-Tirmidzi)

Selain itu, Allah swt telah menyiapkan azab yang berat bagi orang yang melalaikan sholat. Allah SWT berfirman, ”Sungguh celaka orang-orang yang sholat. Yakni, mereka yang kerap kali melalaikannya.” (QS Al-Ma’un: 4-5).

Marilah kita berusaha untuk tidak melalaikan sholat, apalagi sampai meninggalkannya. Semoga saja kita selalu berpegang teguh pada perintah Allah swt dan tuntuntan Rasulullah saw. Wallahu a’lam, bish-shawab.

Sumber : syahadat.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIYAH

KATEGORI

ARSIP

ONLINE

Counter Powered by  RedCounter
%d bloggers like this: